Thursday 12 January 2017

Sandwich atau roti isi

Setelah bahas wingko dan bika, sekarang saya akan tulis tentang satu makanan lagi. Yaitu, Sandwich atau roti isi. 
Sandwich adalah dua potong roti yang tengahnya diisi beberapa macam bahan makanan. Tapi yang lumrah sih sayuran, misalnya, selada, tomat, dan atau irisan bawang bombay (sesuai selera). Untuk menambah rasa biasanya juga diolesi dengan mayonaise atau saus lalu ditambah daging, bisa daging sapi, ayam atau daging babi.
Kalau kalian sering nonton film-film Holywood, sering kali di subtittle
Ditulis "roti isi" ketika ada dialog yang menyebut Sandwich. Tapi penamaan Sandwich yang mengacu pada roti isi berdasar apa?
Ini yang akan kita bahas.
Alkisah seorang bangsawan pemain kartu yang udah bener-bener kecanduan dari negeri James Bond bernama Earl of Sandwich IV. Saking gilanya pada permainan kartu, tuh bangsawan sampai lupa waktu makan. 
Makanya, demi bisa terus bermain kartu, dia makan daging yang diapit dua buah roti yang dimakan sebelah tangan, sementara tangan satunya lagi terus memainkan kartunya. Gila!
Earl adalah gelar bangsawan England, sedangkan Sandwich adalah nama kota, semacam kabupaten gitu kalau disini. Jadi gelar Earl ini semacam gelar Raden gitu. Earl sendiri menduduki peringkat 3 dalam susunan gelar kebangsawanan di Inggris setelah Duke dan Marquess
Jadi yang mengenalkan roti adalah Earl Of Sandwich. Selanjutnya roti isi ini disingkat menjadi Sandwich yang berarti nama Kota.
Nah, ternyata sampai saat ini belum ada satu makanan pun yang menggunakan nama manusia. Sebut saja Hamburger, yang mengacu pada makanan orang Hamburg. Soto Lamongan, wingko Babat, dan...Tahu sumedang
Lalu ada nggak makanan yang pakai nama binatang?
Banyak!
Sebut saja, sate kambing, soto ayam. Dan juga bakso.

No comments:

Post a Comment